Kembangkan Ternak Sapi dan Lapangan Futsal. BUMDes ini Jadi BUMDes Terbaik di Indramayu!

DISKOMINFO INDRAMAYU -– Fokus pada bisnis ternak sapi dan kelola lapangan futsal, BUMDes Taman Trikolot, Desa Cilandak Lor, Kecamatan Anjatan ditetapkan sebagai BUMDes terbaik di Kabupaten Indramayu pada tahun 2023 ini.

Berdiri sejak tahun 2016 silam, BUMDes Taman Trikolot saat ini telah memiliki modal usaha sebesar Rp397.056.000,- dan memiliki keuntungan bersih total sebesar Rp41.205.495,- yang merupakan hasil usaha penggemukan sapi dan sewa lapangan futsal.

Atas keberhasilannya, BUMDes Taman Trikolot juga telah menyumbangkan PADes sejak tahun 2018 hingga 2022 sebesar Rp31.844.480,-

Direktur BUMDes Taman Trikolot, Cali mengatakan, berkat kerja keras dari pengurus BUMDes dan dukungan dari pemerintah dan masyarakat BUMDes yang dikelolanya saat ini terus berkembang.

Menurutnya, para pengurus kurang puas dengan bisnis atau usaha yang dijalankan saat ini sehingga para pengurus bertekad untuk mengembangkan jenis usaha lain secara bertahap.

Cali menambahkan, para pengurus telah merencanakan untuk tahun depan secara bertahap membuka usaha lain seperti Internet Desa, Agen Pegadaian, Agen Pos, PPOB e-commerce, Cafe BUMDes, dan Satelit Air Bersih.

Usaha baru yang akan dibuka akan disesuaikan dengan modal dan berharap terus menghasilkan laba bagi BUMDes sehingga bisa berkontribusi bagi pembangunan desa melalui PAD.

“Penambahan usaha baru ini merupakan ekspansi kita agar BUMDes terus maju dan mewujudkan masyarakat yang hebat sesuai dengan Visi Indramayu Bermartabat,” kata Cali kepada Diskominfo, Jum’at (29/12/2023).

Cali mengakui, ditengah kesuksesan BUMDes Taman Trikolot terdapat permasalahan yang harus diselesaikan dengan sinergi dan kolaborasi semua pihak.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Ahmad Budiharto melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa A. Sulaiman mengatakan, Pemerintah Kabupaten Indramayu dibawah kepemimpinan Bupati Hj. Nina Agustina terus memberikan perhatian sangat luar biasa bagi kelangsungan BUMDes untuk terus tumbuh dan berkembang dalam menjalankan bisnis atau usahanya.

“Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui DPMD terus memberikan pendampingan agar BUMDes di Indramayu bisa berkembang usahanya,” kata Sulaiman.

Pada tahun 2023 ini, selain BUMDes Taman Trikolot sebagai terbaik 1, BUMDes lainnya yang juga berprestasi yakni BUMDes Sri Ratu Desa Parean Girang, Kecamatan Kandanghaur sebagai terbaik 2, dan BUMDes Subur Makmur Desa Cikawung Kecamatan Terisi sebagai terbaik 3. (Diskominfo Indramayu)

Penulis : Aa Deni
Editor : Indra