Lomba TTG Digelar, Inovator Muda Unjuk Keahlian


DISKOMINFO INDRAMAYU – Pemerintah Kabupaten Indramayu mencari inovator terbaik dalam Pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Indramayu, Rabu (21/02/2024).

Diketahui TTG adalah teknologi yang dirancang bagi masyarakat agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, etika, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat.

Penyelenggaraan lomba cipta karya Teknologi Tepat Guna (TTG) tersebut untuk inovasi yang menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, dan meminimalisir dampak pencemaran dibandingkan dengan teknologi arus utama, yang pada umumnya beremisi banyak limbah dan mencemari lingkungan.

Lomba Teknologi Tepat Guna ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Indramayu dengan tujuan mendorong masyarakat untuk mengembangkan daya inovasi TTG yang akan dimanfaatkan untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif dan kreatif berbasis kepada potensi unggulan daerah.

Lomba yang bertemakan Dengan Inovasi dan Teknologi Bergerak Bersama Mendukung Ketahanan Pangan Untuk Memulihkan Perekonomian Desa Menuju Indramayu Bermartabat tersebut dilaksanakan selama 2 hari yakni hari Rabu dan Kamis, tanggal 21-22 Februari 2024.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Indramayu, Jajang Sudrajat melalui Plt. Kepala Bidang Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan (KPMD), Erwin Pujadi, mengatakan Lomba TTG tersebut bertujuan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan serta menjawab kebutuhan masyarakat.

“Hari ini kami melaksanakan lomba cipta karya Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Indramayu yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan serta menjawab kebutuhan masyarakat, terutama yang ada di desa,” katanya.

Diharapkan lomba pada tahun 2024 ini bisa dilakukan secara maksimal lalu dilanjutkan untuk ikut serta pada tingkat nasional. Kemudian hasilnya bisa bermanfaat untuk masyarakat banyak, baik dari aspek ekonomi maupun aspek lingkungan.

“Kami berkomitmen mencari inovator dari Indramayu, baik siswa, mahasiswa, maupun umum untuk dapat membantu masyarakat di bidang teknologi. Terima kasih banyak kepada Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina yang terus komitmen untuk menciptakan inovator-inovator muda sehingga tercipta Indramayu Bermartabat,” ujar Erwin.

Terdapat puluhan inventor dalam lomba karya TTG Kabupaten Indramayu 2024 yakni Teknologi Pesawat Pengusir Burung (A. Wahab), Water Inventer (Mamat), Instalasi Digital Smart Farming (Rokmat), Simtesa Monitoring Volume Sampah (Esa), Herbisina Zanin (Ninin), Komposan Tikus Rumpun Al-Badar (Mashudi).

Selanjutnya, Teknologi Tong Sampah Pintar (Wahyu), Akar Kelor Pencegah Stunting (Hilya), Aplikasi Mobile Pengklasifikasi Hama Padi (Ike), Inovasi Sistem Pompa Air Laut Berbasis Energi (Afandi), Avian Repel Proguard (Faisal), Yu Resik (Presi), Alat Pembelah dan Pencuci Ikan Otomatis (Ade), Fermentor Mikroba (M. Khairul). (Diskominfo Indramayu)

Penulis : Roro Wilis
Editor : Aa Deni