Pemkab Indramayu Terima Penghargaan Dari KPPN, Bupati Nina Agustina : Optimalkan Pajak Untuk Pendapatan Asli Daerah

DISKOMINFO INDRAMAYU – Pemkab Indramayu kembali memperoleh penghargaan di penghujung tahun 2023. Kali ini penghargaan datang dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cirebon (KPPN) atas koordinasi pelaksanaan penyaluran dana transfer umum, dana transfer khusus, serta dana desa, insentif, otonomi khusus, dan keistimewaan tahuan anggaran 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala KPPN Cirebon melalui Kepala KPP Pratama Indramayu, Budi Gunawan serta diterima secara oleh Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina didampingi Pj. Sekda Kabupaten Indramayu, Aep Surahman dan Kepala BKD Kabupaten Indramayu, Woni Dwinanto yang disaksikan Kepala Seksi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi Kanwil DJP Jawa Barat, Puguh Budi Santoso dalam Rapat Koordinasi Optimalisasi Penerimaan Pajak dan Penguatan Sinergi antara KPP Pratama Indramayu dengan Pemkab Indramayu yang berlangsung di Aula BKD Kabupaten Indramayu, Selasa (12/12/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Indramayu, Nina Agustina menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Indramayu. Menurutnya, dengan diterimanya penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi untuk dapat terus meningkatkan sinergi Pemkab Indramayu dengan berbagai pihak.

“Saya ucapkan terima kasih kepada KPPN Cirebon, ini merupakan hal yang luar biasa. Semoga sinergi yang telah terbangun selama ini dapat terus terjalin hingga masa mendatang,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Nina juga mengajak para Kasubag Keuangan dan Bendahara Pengeluaran di lingkungan Pemkab Indramayu untuk dapat mengoptimalisasi penyerapan anggaran dengan alokasi anggaran yang ada secara maksimal, serta melaksanakan berbagai langkah guna meningkatkan penerimaan pajak.

Menurutnya, dengan optimalisasi penerimaan pajak, merupakan salah satu langkah untuk dapat mendorong meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Indramayu yang dapat direalisasikan untuk pembangunan.

“Optimalisasi penerimaan pajak serta penyerapan anggaran dengan alokasi anggaran yang ada secara maksimal, pastinya mendorong PAD untuk keberlangsungan pembangunan. Mari kita kerja baik sesuai dengan tupoksinya guna meminimalkan risiko yang tidak diinginkan, karena perbendaharaan ini memiliki tanggung jawab yang besar sehingga harus benar-benar diperhatikan,” ajaknya.

Selain dengan optimalisasi penerimaan pajak, Pemkab Indramayu juga menggulirkan program Lacak Aset Daerah (LA-DA) sebagai salah satu dari 10 program unggulan yang bertujuan untuk mendata dan menginventarisasi Barang Milik Daerah (BMD), sehingga aset-aset yang dikuasai oleh pemerintah daerah dapat lebih tertata dan lebih termanfaatkan serta dapat dipertanggungjawabkan dan lebih diberdayakan oleh perangkat daerah dalam rangka untuk meningkatkan PAD tersebut.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Indramayu, Budi Gunawan menyampaikan apresiasinya atas pemberian penghargaan dari KPPN Cirebon sebagai salah satu dari sekian penghargaan yang telah diperoleh Kabupaten Indramayu di bawah kepemimpinan Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina.

Dikatakan Budi, penghargaan yang telah diperoleh tersebut merupakan bukti konkret bagaimana Kabupaten Indramayu berkiprah serta terus menjaga sinergitas dengan berbagai pihak.

“Kami melihat upaya sinergi yang telah ada saat ini merupakan upaya yang baik. Kami pun siap untuk terus berkolaborasi dalam meningkatkan PAD supaya kesejahteraan masyarakat dapat terus meningkat,” pungkasnya. (FKR/AA DENI—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)