Peringatan Hari Pramuka ke-62, Bupati Nina Agustina Terima Penghargaan Lencana Darma Bakti

Dalam rangka Gebyar Hari Pramuka Tingkat Jawa Barat Tahun 2023, Bupati Indramayu, Nina Agustina selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Indramayu, menerima penghargaan Lencana Darma Bakti dari Kwartir Daerah Jawa Barat.

Penyematan lencana dan penyerahan piagam disematkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jawa Barat didampingi Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat, Atalia Praratya.

Peringatan Hari Pramuka yang berlangsung di Tribun Barat Stadion Wibawa Mukti, tepatnya di Jalan Stadion Wibawa Mukti Setrajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/8/2023) tersebut, dihadiri seluruh anggota Gerakan Pramuka se-Jawa Barat.

Pada kesempatannya, Ketua Mabida Gerakan Pramuka Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan, sosok seorang Pramuka yang ideal adalah bagaimana individu menjalankan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupannya sehari-hari.

“Hidup harus punya semangat yang penuh dengan visi, integritas, dan karya. Itulah bagian Dasa Darma Pramuka yang saya terapkan sebagai pemimpin Jawa Barat, dan Jawa Barat akan selalu juara, salah satunya adalah bidang kepramukaan,” ujarnya.

Ridwan Kamil mengungkapkan, dengan motto Provinsi Jawa Barat yakni Gemah Ripah, Repeh, Rapih yang merupakan sebuah frasa berasal dari bahasa Sunda, masyarakat Jawa Barat harus bangga dan menjaga.

“Saya ingatkan, 20 tahun dari sekarang Indonesia akan menjadi negara super power. Oleh karena itu, kejarlah cita-cita setinggi langit juga optimis terhadap masa depan Indonesia. Menaati Dasa Darma, setia pada NKRI, setia pada Merah Putih, setia pada Pancasila, setia pada UUD 1945, setia pada Bhineka Tunggal Ika,” ungkapnya.

Lanjut Ridwan Kamil sebagai Mabida Jawa Barat, dirinya mengatakan akan tetap membantu pramuka dengan segala energi hidupnya walaupun tidak melalui jabatan lagi, karena cinta kepada Indonesia Indonesia adalah nilai pramuka yang melekat sampai akhir hayat.

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat, Atalia Praratya mengatakan, Hari pramuka ke 62 Tingkat Provinsi Jawa Barat ini sebagai momentum menggeliatkan semangat kemajuan kekinian dalam pengembangan Gerakan pramuka di seluruh Jawa Barat.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan pramuka, tentu relevan dengan kebutuhan saat ini. Ditengah berbagai disrupsi lingkungan teknologi sosial budaya dan lain sebagainya, kita harus persiapkan generasi masa depan yang tangguh berketahanan ditengah tantangan zaman yang luar biasa. Salah satunya melalui peringatan hari pramuka, penting sekali sebagai upaya peningkatan eksistensi pramuka dan upaya terus menumbuhkan rasa cinta pada Gerakan pramuka,” ucapnya.

Lebih lanjut Atalia Praratya memaparkan, Gebyar Hari Pramuka Tingkat Jawa Barat Tahun 2023 ini sekaligus dilakukan pemecahan Rekor Muri dengan peserta mencapai 40.000 orang dan terdapat tiga pemecahan Rekor MURI, diantaranya Bendera semaphore, senam tongkat dan pesawat glider persembahan dari Saka Dirgantara.

“Alhamdulillah, sampai sejauh ini Pramuka Jawa Barat yang teraktif selama melaksanakan kegiatan pramuka. Sebagai upaya untuk menumbuhkan semangat pramuka diberbagai kegiatan dengan penuh kreativitas yang menarik, motivasi kami semua agar pramuka Indonesia yang berasal dari Jawa Barat berprestasi dan solutif,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Nina Agustina mengungkapkan, melalui penghargaan ini diharapkan semakin banyak generasi muda yang terinspirasi menjadi teladan guna mengabdi dalam kehidupan bermasyarakat, serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Menurutnya, Dasa Darma Pramuka harus senantiasa tertanam pada diri seorang Pramuka untuk menciptakan jejak dan warisan positif, berkomitmen pada bidang kepramukaan dalam mempertahankan dan melanjutkan Jawa Barat juara.

“Alhamdulillah terimakasih banyak untuk semuanya. Saya juga ucapkan terimakasih kepada Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Indramayu, Jajang Sudrajat, semuanya luar biasa. Penghargaan ini adalah untuk semuanya bukan untuk diri saya sendiri, kedepannya saya berharap harus lebih baik lagi dan selalu semangat dan indramayu memang yang terbaik,” pungkasnya. (Lika/MTQ–Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)